BLANTERWISDOM101

Mengenal Nama Komponen Motherboard Beserta Fungsi & Cara Kerjanya

Rabu, 30 Januari 2019
Mengenal Komponen Motherboard - Dalam sistem komputer, terdapat tiga perangkat utama komputer, yaitu perangkat input, proses, dan perangkat output, ketiganya saling berkaitan untuk menjalankan sebuah proses yang diiginkan oleh brainware. Ketiga perangkat komputer tersebut akan berjalan apabila ada sebuah papan induk yang bernama motherboard. Papan induk ini berfungsi untuk menancapkan seluruh perangkat komputer agar bekerja saling berkaitan satu sama lain.


Lantas apa itu motherboard komputer  ?

Motherboard atau sering disebut mobo adalah sebuah papan sirkuit elektronik yang berfungsi sebagai tempat terhubungnya seluruh komponen komputer agar bisa saling berkomunikasi satu satu sama lain.

Didalam motherboard komputer terdapat bagian-bagian diantaranya slot, socket dan juga port yang berfungsi untuk menyambungkan setiap perangkat komputer seperti , processor, ram, vga dan perangkat peripheral komputer seperti keyboard, mouse dan speaker.

Untuk Lebih jelasnya lagi, anda bisa lihat komponen komponen pada motherboard lengkap beserta fungsi & cara kerjanya seperti berikut :

20++ Komponen Pada Motherboard Beserta Fungsi & Cara Kerjanya


  1. Socket Processor

    Merupakan sebuah socket yang berfungsi untuk menancapkan microprossesor /CPU. Socket ini berbentuk dudukan yang terdapat jarum-jarum kecil ataupun pin didalamnya yang berfungsi untuk menyambungkan kelistrikan atau jalur komunikasi antara prosesor dengan perangkat lainya yang ada didalam motherboard.

    Terdapat dua jenis socket prosessor yang saat ini sering digunakan yaitu, socket untuk Prosessor Intel dan juga Socket Prossesor AMD, keduanya merupakan vendor pembuat microprosessor terkenal saat ini. Antara amd dan intel memiliki karakteristik socket yang berbeda, jadi kita tidak bisa sembarangan dalam memasukan prosessor, harus sesuai dengan jenis socket dan tipe prossesornya. 
  2. Slot Memori

    Slot memori adalah slot yang berfungsi untuk memasang memori komputer berjenis RAM ( Random Access Memori ). Memori ini berfungsi untuk menyimpan data proses hanya ketika ada sumber listrik saja dan bersifat sementara.

    Terdapat beberapa jenis slot memori yang sering digunakan saat ini, yaitu jenis slot ram untuk DDR1, DDR2, DDR3 & DDR 4, keempat jenis slot ram tersebut memiliki perbedaan baik secara fisik dan juga kinerjanya. Kita tidak bisa memasukan ram ddr1 ke slot ddr2, karena kaki-kaki pin antara ddr1 dan ddr2 berbeda. Untuk lebih jelasnya lagi anda bisa lihat artikel ini supaya anda paham ( Jenis-Jenis Slot Memori Komputer ).

  3. Slot VGA Card

    Slot Vga Card merupakan sebuah slot yang berfungsi untuk memasukan vga eksternal ke komputer. Karena pada dasarnya ada beberapa motherboard yang memiliki vga bawaan dan sering disebut vga onboard. Namun vga onboard biasanya kinerjanya sangat terbatas, jadi untuk menambah kebutuhan lain seperti untuk komputer gamer dan desainer yang membutuhkan kinerja vga lebih, maka menambah vga eksternal adalah sebuah kewajiban.

    Vga berfungsi untuk memproses data berupa visual untuk ditampilkan pada perangkat komputer baik itu pada monitor ataupun proyektor. Sama seperti ram, vga ada beberapa jenis yaitu ada vga jenis ddr1, ddr2 sampai ddr5, namun kelima jenis masuk pada slot vga jenis PCI Express-16.

  4. Slot PCI

    Slot PCI adalah kepanjangan dari peripheral component interconnect, adalah sebuah bus tambahan yang berfungsi untuk menambahkan beberapa perangkat keras pada komputer. Diantaranya lan card, sound card, wifi, vga card dsb yang semuanya bersifat eksternal.

    Slot ini berfungsi untuk menambahkan atau menggantikan jikalau perangkat bawaan pada motherboard mengalami kerusakan.

    Terdapat beberapa jenis slot pci, dan yang paling terbaru adalah PCI-Express, dimana slot pci tersebut memiliki kelebihan dalam segi kecepatan transfer data.

  5. Slot AGP 

    Slot AGP merupakan sebuah slot yang digunakan untuk menambah perangkat peripheral komputer, hanya saja slot ini sudah jarang digunakan, karena sudah tergantikan dengan slot PCI yang memiliki kompatibilitas tinggi.

  6. BIOS Chip

    Merupakan sebuah chip / IC Rom yang berfungsi untuk menyimpan program basic input output system (BIOS). Yaitu sebuah sistem yang berfungsi untuk mengatur fungsi dasar perangkat keras komputer agar bisa dikendalikan oleh sistem.

  7. Baterai Cmos

    Baterai cmos adalah sebuah baterai kecil berbentuk bulat yang menempel di motherboard. Baterai ini berfungsi untuk menyimpan setting bios berupa tanggal & pengaturan lainya agar ketika komputer dimatikan, pengaturan bios tidak berubah.

  8. Port ATA 

    Merupakan sebuah port interface komputer yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat penyimpanan seperti hardisk & cd/dvd rom berjenis Ata / IDE.
  9. Port Sata

    Sama seperti port ata, Serial ATA (SATA) merupakan sebuah interface perangkat penyimpanan cakram baik itu hardisk atau cd/dvd rom. Hanya saja tipe sata merupakan generasi terbaru pengganti ATA.

  10. Port Power/ATX Power

    ATX Power merupakan sebuah slot yang berfungsi untuk menyambungkan kelistrikan komputer dari power supply ke motherboard. Biasanya port atx ada yang 20 pin dan 24 pin.

  11. Port PS/2 Mouse

    Merupakan port back panel  yang berfungsi untuk menghubungkan jenis mouse ps/2. Biasanya port untuk mouse memiliki karakteristik berwarna hijau.
  12. Port PS/2 Keyboard

    Jika port ps/2 berwarna ungu, itu berfungsi untuk menghubungkan keyboard yang memiliki port jenis ps/2. Port ini kompatibel untuk berbagai jenis keyboard.
  13. Port Paralel 

    Paralel port merupakan sebuah interface yang berfungsi untuk menghubungkan berbagai macam perangkat yang bersifat paralel. Hanya saja sekarang jarang digunakan karena sudah tergantikan dengan port usb yang memiliki kompatibilitas cukup baik.

  14. Port Serial

    Sama seperti port paralel, serial port berfungsi sebagai interface komputer yang berfungsi untuk menyambungkan berbagai jenis perangkat jaringan seperti modem, router dsb.

  15. Port SPDIF / Audio

    Merupakan kumpulan slot jack multimedia yang berada pada motherboard berfungsi sebagai interface untuk mentransfer data audio, baik untuk microphone sebagai inputan, dan speaker sebagai alat outputan.
  16. Port VGA

    Port VGA merupakan sebuah port bawaan dari motherboard / vga onboard yang berfungsi untuk menghubungkan antara perangkat cpu & monitor / proyektor.
  17. Ethernet Port

    Ethernet Port / Lan Card merupakan sebuah interface jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan & melakukan koneksi jaringan, biasanya port ini sering digunakan dalam membangun sebuah jenis jaringan komputer berbasis local .
  18. Port USB

    Port Universal Serial Bus adalah port yang sering digunakan untuk menyambungkan beberapa perangkat peripheral komputer yang cukup kompatibel. karena hampir semua perangkat keras peripheral komputer mulai dari keyboard sampai modem bisa masuk dengan port ini. 
  19. Northbridge

    Northbridge merupakan sebuah chip controler pada motherboard yang berfungsi untuk membantu menghubungkan perangkat pada motherboard seperti processor, vga, dan ram supaya teritegrasi untuk saling berkaitan satu sama lain. Chip ini juga membantu sumber daya komponen tersebut agar tidak terjadi konsleting.
  20. Southbridge

    Southbridge adalah bagian dari chipset yang berfungsi untuk mengontrol perangkat peripheral komputer melalui slot PCI, AGP, atau port yang ada di back panel bisa saling terhubung dan berfungsi dengan baik.

    Southbridge ini mengontrol perangkat peripheral seperti keyboard, mouse, modem dan perangkat peripheral lainnya agar bisa berkomunikasi dengan perangkat utama pada motherboard.
  21. Front Panel

    Front panel adalah tempat untuk menghubungkan kabel cassing ke motherboard. kabel kecil ini biasanya terdiri dari  Power On/off, Reset, HDD-LED, dan Power LED.
  22. Heatsink

    Heatsink merupakan sebuah logam yang didesain khusus untuk bisa menempel ke perangkat motherboard seperti procesor, chipset, dan ram.  Biasanya terbuat dari tembaga yang berfungsi untuk menghilangkan panas dari perangkat komputer.

Itulah penjelasan mengenai komponen motherboard berserta fungsinya, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda dan bisa menjadi referensi untuk pembelajaran anda.

Jika dirasa bermanfaat , tolong klik tombol share yaa..  bagikan agar teman-teman kalian tahu....
Share This :
Wandi

Seorang Warga Indonesia Biasa Yang Tertarik Di dunia Terknologi, Organisasi, dan Komputer

avatar

Thanks for sharing with us... I have been looking for some article like this. See my website also here OPTICXCESS

20 Mei 2020 pukul 21.42
avatar

Good Job Thanks For Your support,,Good article


Trik Bermain slot

17 September 2020 pukul 04.27