BLANTERWISDOM101

5 Perbedaan Processor Intel dan AMD Beserta Kekurangan & Kelebihannya

Jumat, 01 Februari 2019
Perbedaan processor memang menjadi sebuah pertimbangan paling utama dalam menggunakan komputer, karena cepat & tidaknya kinerja komputer ditentukan dari jenis processor yang digunakan, lantas bagaimana jika kita membandingkan intel & Amd, mana yang terbaik ?

Untuk menjawab penasaran anda mengenai perbedaan intel dan AMD akan kami paparkan perbandingan serta kekurangan dan kelebihannya seperti berikut :
Processor Intel & Amd


Processor adalah perangkat komputer yang bertindak sebagai alat pemrosesan data dan mengotrol sistem pada sebuah komputer. Processor ini sering disebut sebagai otaknya dari satu komputer. Karena perangkat ini bekerja untuk melakukan perhitungan aritmatika komputer serta menjalankan intruksi yang diperintahkan brainware, agar komputer bisa menghasilkan sebuah informasi yang berguna.

Processor terletak pada sebuah socket khusus yang ada pada motherboard komputer / laptop. Karena antara processor jenis satu dengan yang lainnya belum tentu cocok dan masuk pada socket yang sama. Terlebih jika anda menggunakan merk processor yang berbeda, yakin proc itu tidak akan masuk. 

Berbicara merk processor, sampai hari ini, hanya tersisa dua vendor besar pembuat processor terkenal...

Yakni vendor dengan warna biru yaitu Intel Corp. & vendor dengan cirikhas warna merah bernama AMD (Advanced Micro Devices). kedua vendor pembuat microprosessor komputer tersebut tidak ada habis-habisnya dalam berinovasi dan bersaing secara sengit untuk mendapatkan pengakuan terbaik...

Sebelum membahas perbedaan kedua processor ini secara spesifik, kita mengenal dulu kedua vendor tersebut, agar anda semakin yakin untuk memilih processor sesuai dengan keinginan anda..


Intel Processor

Merupakan sebuah merk microprocessor komputer, laptop, dan tablet yang dibuat oleh perusahaan intel corporation, merupakan perusahaan multinasioan amerika serikat yang memproduksi berbagai komponen elektronik komputer, salah satunya processor.

Processor intel ini bekerja pada sebuah papan sirkuit terpadu. Sudah banyak merk processor unggulan yang dikeluarkan, salah satunya adalah processor  Intel® Core™ yang didalamnya ada intel Core™i3 sampai Core™i9.

Processor jenis ini terkenal dengan kehandalan dan kecepatannya. sehingga cocok digunakan untuk berbagaimacam computer, baik untuk kebutuhan personal & office.


AMD Processor

AMD merupakan sebuah merk microprocessor buatan perusahaan AMD, dimana processor yang dikeluarkan oleh perusaaan tersebut sering digunakan untuk kebutuhan perangkat PC, Tablet, Laptop, sampai konsol game.

Processor ini identik dan menjadi icon para gamers. karena memang AMD ini menyasar pangsa pasar untuk pengguna pc gamers, karena amd memiliki dukungan grafis yang cukup baik, yakni memiliki merk kartu grafis bernama AMD Radeon.



5 Perbedaan Processor Intel & AMD


Setelah anda mengetahui perbedaan merk antara intel dan amd, selanjutnya kita akan membahas pada masalah kualitas, harga dan fisik kedua processor tersebut, sehingga kita bisa membedakan lebih spesifik lagi kedua processor tersebut.

1. Processor Intel & AMD memiliki bentuk Processor & Socket Yang Berbeda


Khusus untuk motherboard komputer, ada perbedaan mencolok antara processor merk intel dan amd, yaitu ketersediaan socket yang berbeda.

Kita tidak bisa memasukan processor intel ke socket amd, begitu juga sebaliknya. Secara kasat mata pun kita bisa membedakan antara socket kedua processor ini jika sudah mengenalnya, seperti gambar berikut ini :

AMD SOCKET & INTEL SOCKET

Karakteristik paling mencolok dari kedua socket ini adalah penempatan jarum, pin-pin processor. Jika intel mulai dari generasi socket lga 775, letak kaki-kaki kecil berbentuk jarum processor diletakan pada socketnya, jadi di processor itu datar, tidak ada jarum-jarum pin yang menempel

Berbeda dengan AMD, socket tersebut merupakan kumpulan slot-slot jarum/pin yang ada pada processor, di processor amd, terdapat jarum-jarum kecil yang harus diletakan sesuai dengan jumlah slot jarum yang ada di socket.

Terdapat beberapa jenis socket intel dan amd dengan penamaannya masing-masing seperti berikut ini :

Jenis-Jenis Socket Intel :

  • Socket LGA 775
  • Socket LGA 1156
  • Socket LGA 1150
  • Socket LGA 2011

Jenis-Jenis Sokcet AMD :

  • Socket AM2 / AM2+
  • Socket AM3 / AM3+
  • Socket F Series
  • Socket FM1 & FM2


2. Merk / Inisialisasi Processor Intel & Amd Berbeda


Tentu sesuatu yang lumrah dan wajar jika kedua vendor menamai produknya berbeda agar tidak sama dengan pesaing nya. Salah satu pemahaman yang perlu anda tahu untuk membedakan processor intel dan amd adalah penamaan pada jenis processor yang dikeluarkan oleh kedua vendor tersebut.

Nama-nama Processor Intel :
  • Intel Pentium 4
  • Intel Dual Core, Core 2 Duo, Core 2 Quad ( Socket lga775)
  • Intel Pentium G ( 1155, 1150 )
  • Intel Core i3, i5, i7 ( 1155, 1150 )
  • Intel Core i7 2011 socket
  • Intel xeon ( Khusus komputer server )

Nama -nama Processor AMD :
  • Amd X2
  • Amd atlhon II
  • AMD Athlon 64
  • AMD FX
  • Amd Opreton
  • Amd Phenom
  • Amd APU FM1
  • Amd Ryzen


3. Perbedaan Kinerja Processor AMD & Intel


Walaupun kedua processor sama-sama bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan komputer baik untuk personal, gaming, programing atau kebutuhan office. Ternyata kedua jenis processor ini memiliki fokus pasar yang berbeda.

Processor intel lebih melirik pangsa pasar komputer untuk office / kantoran, untuk kegiatan programing, dan untuk desainer dan video editor, karena intel memiliki parther vendor video grafis card yakni Nvidia, walaupun begitu intel tetap lebih unggul dalam segi komputer gaming, hanya saja karena harga yang relatif cukup mahal, dan pangsa gaming dikuasai oleh amd, Intel kalah pamor dalam dunia gaming.

Sebaliknya Amd dengan anak perusahaan video grafis card bernama Radeon, menjadi senjata paling ampuh untuk merebut pasar komputer gaming dari intel, terlebih Amd memiliki fitur processor bernama Apu ( Amd Accelerated Processing Unit ), dimana processor ini memiliki kemampuan grafis yang cukup baik, sehingga tanpa vga eksternal pun main game cukup nyaman.


4. Perbedaan Harga Antara Processor Intel & AMD


Untuk segi kualitas, mungkin antara intel dan amd tidak jauh berbeda, tergantung kondisi spesifikasi komputer atau laptop, apakah mendukung kinerja processor, seperti penggunaan ram yang memadai, penggunaan kartu grafis eksternal, dsb.

Dalam segi harga processornya Amd lebih unggul daripada intel, processor Amd relatif lebih terjangkau dengan kecepatan yang dihasilkan tidak jauh berbeda dengan intel. Sehingga banyak orang memilih laptop atau komputer yang memiliki processor amd, karena selisih harga lebih hemat Amd daripada Intel.

5. Suhu & Konsumsi Listrik Yang Diperlukan Processor Intel & AMD


Untuk masalah konsumsi listrik mungkin intel lebih unggul, karena secara mendasar intel tidak memerlukan konsumsi listrik yang tinggi, sehingga processor tidak cepat panas, dan tidak memerlukan heatsink fan khusus yang bisa menyedor listrik berlebih.

Namun hal tersebut dipengaruhi oleh vendor dari pembuat komputer atau laptop. Boleh jadi laptop dengan processor amd lebih hemat listrik dan lebih dingin suhunya, karena didalam laptop tersebut memiliki fitur unggulan untuk mengurangi panas dan konsumsi listrik.

Jadi untuk masalah ini secara mendasar processor intel lebih dingin dan hemat listrik dari pada Amd, namun jika dalam komputer atau laptop anda memiliki fitur seperti ice cool pada vendor asus yang dapat mendinginkan processor, Amd pun bisa menjadi dingin dan hemat listrik.


Kekurangan -  Kelebihan Processor Intel & AMD


Parameter kekurangan dan kelebihan ini bukan dijadikan acuan untuk membandingkan mana yang terbaik, tapi sebagai acuan untuk anda yang ingin membeli processor sesuai dengan kebutuhan anda, karena tiap processor memiliki kekurangan dan kelebihan satu sama lain.

Kelebihan Processor Intel :

  1.  Tidak Mudah Panas

    Arsitektur intel yang cukup baik serta sistem kelistrikan yang bagus, menjadikan processor intel ini memiliki suhu yang relatif dingin. Untuk suhu normal intel core i5 saja sekitaran 42-52°C, sedangkan untuk processor Amd yang setingkat dengan Core i5 yakni Amd A10 suhu normalnya sekitaran 50-65°C.

  2. Memiliki Keunggulan Dalam Pengolahan Visual & Multimedia

    Bagi anda seorang composer, youtuber, ataupun editor video, mungkin penggunaan komputer dengan processor intel lebih tepat, karena memang intel didesain memiliki kemampuan rendering yang cukup baik.

    ... Sehingga proses dan hasil rendering lebih halus dan jernih. karena memang intel di desain khusus untuk membantu pekerjaan manusia lebih extra. terutama untuk kegiatan rendering.

  3. Memiliki suara Heatsink Fan (hsf)  yang tidak berisik

    Heatsink fan berfungsi untuk mendinginkan processor, namun karena processor terlalu panas, maka hsf ini akan bekerja lebih extra sehingga fan/kipas heatsink agar lebih kencang lagi berputarnya, sehingga membuat suara yang cukup bising.

    Untungnya processor intel memiliki suhu yang tidak terlalu panas, sehingga tidak terlalu membuat heatsink fan berisik karena terlalu bekerja ekstra.

Kekurangan Processor Intel

  1.  Harga Relatif Mahal

    Tentu dengan kualitas yang diberikan intel akan sebanding dengan harga yang harus anda bayar. Terlebih jika anda membeli perangkat laptop, akan ada perbedaan yang signifikan antara laptop dengan processor intel dengan Amd yang sebanding, intel relatif lebih mahal.
  2. Kurang Dalam Segi Grafis

    Bukan berati intel tidak cocok untuk gaming atau tidak bagus untuk kebutuhan grafis, tapi lebih tepatnya intel tidak memiliki kartu grafis yang cukup bagus, dan harus menggunakan vendor lain seperti Nvidia untuk mendapatkan grafis yang sempurna.

Kelebihan Processor AMD

  1. Harga Processor Amd Relatif Terjangkau

    Tidak disangkal lagi, bahwa ini adalah strategi Amd untuk bisa menyaingi raksasa microprocessor Intel yang lebih dulu merajai perkomputeran dunia.

    Memang untuk produk processor Amd menengah ke atas harganya tidak jauh berbeda. Tapi untuk pangsa pasar menengah kebawah, cukup menyaingi intel yang memiliki harga relatif lebih mahal.
  2. Amd Memiliki Grafis Yang Cukup Bagus

    Amd memiliki fitur Apu dimana cpu (central processing unit ) dan gpu ( graphics processing unit ) bersatu saling berintegrasi, belum lagi ditambah dengan kartu grafis buatan Amd sendiri yakni Amd Radeon, semakin memanjakan para pecinta gamers, untuk bisa bermain game dengan nyaman.
  3. Processor Amd Memiliki Fitur Untuk Mendeteksi Virus

    Fitur Amd terbaru yang sekarang ini diuji coba dan terus dikembangkan ialah fitur untuk bisa mendeteksi virus / malware. Fitur tersebut dinamakan Enchanced Virus Protection (EVP). Fitur ini bekerja untuk mengecek apakah ada virus yang terdapat pada program yang akan dijalankan.

Kekurangan Processor Amd


  1. Suhu realatif Panas & Sedikit Boros Daya Listrik

    Seperti sudah kita bahas tadi, bahwa processor Amd memerlukan daya yang lebih dibandingkan intel, sehingga kenaikan suhu processor lebih tinggi.
  2.  Kurang dalam segi pengolahan visual dan multimedia

    Beberapa vendor laptop dan PC yang dikhususkan untuk kebutuhan visual atau multimedia jarang melirik processor Amd. Karena Amd cepat panas, sedangkan kegiatan rendering lebih berat dari pada game, butuh berjam-jam untuk mengolah visual agar bisa menghasilkan output yang bagus.

Nah itulah sedikit penjelasan dari kami mengenai perbedaan intel dan Amd, tentu kedua processor ini memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing, jadi tidak ada yang terbaik, itu tergantung kebutuhan dan kondisi finasial anda semuanya. Karena anda yang akan mebelinya bukan kami. hehe..

Sekian & terima kasih semoga artikel kami bermanfaat untuk anda yang kebingungan mengenai perbedaan kedua processor tersebut.

Jangan lupa share yaa teman...
Share This :
Wandi

Seorang Warga Indonesia Biasa Yang Tertarik Di dunia Terknologi, Organisasi, dan Komputer