BLANTERWISDOM101

Perkembangan Jenis-jenis RAM Komputer Dari Dulu Hingga Saat Ini

Sabtu, 02 Februari 2019
Jenis-jenis RAM Komputer  -  Selain cpu, perangkat keras yang harus dipertimbangkan ketika komputer kita ingin cepat kinerjanya ialah Ram. Perangkat ini dapat membantu kinerja processor agar pemrosesan data lebih cepat dan efisien, sehingga, jika kinerja pc anda kurang greget.. boleh jadi Ram kamu butuh tambahan kapasitas, atau bahkan Ram kamu sudah jadul, alias ketinggalan jaman.

Sama seperti perangkat lainya yang mengalami perkembangan dari masa ke masa, Ram pun dari dulu sampai sekarang terus mengalami perkembangan yang signifikan.

Memori RAM Komputer

.... sehingga pengetahuan tentang jenis-jenis ram sangatlah penting bagi anda yang bergelut di bidang computer hardware, teknisi computer/laptop Atau bagi anda yang suka otak-atik komputer, pemahaman ini sangat direkomendasikan.

Lantas Apa RAM itu ?

RAM ( Random Access Memory ) adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan data proses sementara yang dapat diakses secara acak ( random ), perangkat ini dapat bekerja ketika komputer dalam keadaan hidup atau ketika dalam keadaan sleep, hibernate.  Namun ketika komputer dimatikan, maka data-data tersebut akan hilang.

Fungsi utama dari perangkat ram ini ialah menampung data yang akan di proses oleh cpu ataupun gpu ( Graphics processing unit), untuk menghasilkan sebuah informasi yang berguna oleh brainware. Setelah ditampilkan, maka brainware memilih, apakah informasi tersebut akan disimpan secara permanen di perangkat hardisk, atau terhapus dengan sendiri ketika komputer mati.


Jenis jenis Ram Komputer / Laptop Dari Dulu Hingga Sekarang


  1. DRAM ( Dinamic Random Access Memory )

    Digunakan pada tahun 1970-an memori Dram ini memang menjadi primadona pada masanya. dimana memori ini mampu meyimpan data per bit secara terpisah dalam satu papan sirkuit. Memori SDRAM ini memiliki kecepatan antara 4,77 MHz sampai dengan 40 MHz.

    Pada jenis memori sdram, dalam pemasangannya masih berbentuk ditanam langsung dalam motherboard bukan berbentuk slot yang bisa dibuka pasang seperti sekarang ini.

  2. FPM DRAM (Fast Page Mode DRAM) 

    Merupakan model ram yang digunakan pada tahun 1980-an, dimana ram ini sedikit memiliki keunggunal daripada Dram. FPM Dram bekerja dengan mengirimkan alamat baris hanya sekali bagi banyak akses ke memori di lokasi dekat satu sama lain, meningkatkan akses waktu. Berbeda dengan sdram sebelumnya yang mengharuskan baris dan kolom yang akan dikirim untuk setiap akses.

  3. EDO DRAM (Extended Data Output Dynamic Random Access Memory)

    Merupakan jenis memori yang dapat menyimpan dan mengambil sisi memori secara simultan. Ram jenis ini pertama kali digunakan oleh processor intel pentium generasi pertama. Pada jenis edo ram ini, perangkat ram sudah berbentuk peripheral komputer, atau berbentuk slot, sehingga perangkat ram bisa di pasang atau diganti ketika perangkat tersebut rusak.

  4. SD RAM (Synchoronous Dynamic RAM)

    adalah sebuah jenis memori komputer dinamis yang digunakan untuk komputer generasi 90an tepatnya dari tahun 1996 hingga 2003. SDRAM juga merupakan salah satu jenis dari memori komputer kategori solid-state, yaitu menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data.

    Ram jenis ini  memiliki kecepatan 66 sampai 133 MHz, ram ini digunakan oleh produsen intel untuk tiper processor Intel pentium II sampai pentium 3, sedangkan dari pabrikan amd, ram ini digunakan untuk serie AMD Athlon/Duron.

    Baca Juga : Perbedaan Processor Intel & Amd

  5. DDR SDRAM (double data rate synchoronous RAM)

    Double data rate synchoronous RAM atau sering disebut dengan Ram Ddr-1 merupakan generasi pertama dan sebagai awal mula munculnya teknologi Ram tercanggih yang saat ini masih berlangsung perkembangannya.

    Dimana ram jenis ini keberadaannya dilatar belakangi karena persaingan processor pabrikan intel dan Amd yang terus berinovasi untuk membuat komputer semakin cepat, sehingga membutuhkan perangkat Ram yang cepat untuk menambah daya gedor processor dalam hal memproses data.

    Intel menggunakan ram ddr-1 ini untuk menambah kecepatan processor serie pentium III dan pentium 4, sedangkan Amd menggunakan ram jenis ini untuk kebutuhan processor jenis Amd Atlhon Generasi pertama. Memiliki 184-pin modul memori dual in-line (DIMM) yang mampu berfungsi dengan baik dalam motherboard

  6. DDR 2 SDRAM (double data rate synchoronous RAM)

    Lahirnya Ram Jenis Ddr, membuat perubahan yang signifikan pada dunia komputerisasi terutama dalam segi kecepatan. Tepatnya pada tahun 2005, Memori Ram Berjenis DDR-2 diperkenalkan kepada publik, memori jenis ini menggantikan generasi sebelumnya yang memang sudah tidak kompatibel dengan perangkat komputer baru yang sudah bermunculan, dan kapasitas penyimpanan memori yang cukup sedikit membuat Ddr-2 menyempurnakan hal tersebut.

    Ram jenis ini sering digunakan untuk komputer intel antara generasi pentium 4 akhir, dual core, core 2 duo sampai core 2 quad. Sementara dari pihak Amd untuk processor yang menggunakan Ram ddr-2 diantaranya Amd Sempron, X2, dan athlon.

    Ram ddr-2 ini memiliki kapasitas yang cukup besar, untuk satu keping maksimal kapasitasnya adalah 2 gb, dan jika ingin menambah kapasitanya lagi, anda harus menambah kepingan ram tersebut.

  7. DDR3 SDRAM

    Karena processor terbaru semakin bermunculan, dan kebutuhan pasar komputer yang semakin tinggi. Membuat para engginier komputer untuk terus berinovasi agar komputer bisa terus memudahkan manusia, salah satunya dalam segi kecepatan, selain itu processor antara tahun 2007an banyak yang sudah tidak kompatible dengan Ram ddr-2 yang hanya memiliki kapasitas 2 gb perkeping nya. Sehingga muncul lah generasi Ram DDR selanjutnya, yaitu DDR-3.

    DDR-3 memiliki banyak keunggulan daripada serie sebelumnya diantaranya : kapasitas penyimpanan dalam satu keping bisa sampai 8 Gb, memungkinkan transfer data (bandwith) yang lebih besar, dapat membantu kebutuhan grafis. Selain itu konsumsi daya listrik hanya sekitar 1.5 volt saja.

  8. DDR4 SDRAM

    Belum selesai sampai disitu, ternyata ram komputer / laptop dengan jenis DDR masih melakukan perkembangan. Terbaru tepatnya tahun 2014, Ram DDR-4 mulai diperkenalkan.

    Ram DDR-4 ini memang masih jarang digunakan, terlebih harganya yang cukup mahal, juga dalam segi kompatibilitas ram ini untuk processor ber sfesifikasi tinggi.

    Dalam satu keping Ram ddr-4 memiliki kapasitas maksimal sampai 16 Gb dan mampu menampung 64 Gb ram dalam 4 keping/module .

Itulah beberapa jenis-jenis Ram Komputer berdasarkan perkembangannya. setelah mengetahui perkembangan dan jenisnya, tentu ada beberapa pertanyaan, apakah ram komputer sama ram laptop sama, serta apakah semua ram ddr memiliki slot yang sama atau berbeda, pertanyaan tersebut akan kami coba jawab.

Apakah RAM Komputer & RAM Laptop Sama ?


Pada dasarnya dalam segi teknologi dan fungsi, komputer dan laptop memiliki jenis ram yang sama. yaitu mulai dari ddr1 sampai ddr4 itu sama.

Hanya saja, dalam segi fisik, karena laptop memiliki perangkat yang kecil, tentu fisik laptopnya pun tidak sebesar ram yang ada di pc, selain itu dalam segi kelistrikan ram laptop sedikit hemat listrik, karena memang laptop digunakan untuk se-fleksibel mungkin untuk bisa dibawa kemana saja, sehingga daya utamanya dari baterai...

Selain itu, ada beberapa jenis laptop yang memiliki memori Ram secara onboard, artinya ram tersebut menempel langsung di motherboard tanpa adanya slot, hanya berbentuk chip saja..
Ram PC & Laptop


Apakah Ram ddr1, ddr2 sampai ddr4 sama slotnya ?


Tentu berbeda... antara jenis ram ddr 1 sampai ddr 4 memiliki karakteristik fisik yang berbeda, terutama banyak pin dan kunci slot ram berbeda..

DDR 1 memiliki pin sebanyak 184
DDR 2 memiliki pin sebanyak  200
DDR 3 memiliki pin 240
DDR 4 memiliki pin 288

Tentu dengan pin yang berbeda, harus menggunakan slot yang sesuai dengan jumlah pin yang dimiliki oleh ke empat jenis ram tersebut.

Itulah sedikit ulasan dari kami mengenai jenis-jenis ram komputer ataupun laptop, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi pembelajaran anda...

Jika bermanfaat jangan lupa share yaa... satu share anda bisa berguna untuk kemajuan blog kami... terima kasih.


Share This :
Wandi

Seorang Warga Indonesia Biasa Yang Tertarik Di dunia Terknologi, Organisasi, dan Komputer