BLANTERWISDOM101

Jenis-jenis Jaringan Komputer & Penjelasannya Lengkap !

Senin, 07 Januari 2019
Jenis-Jenis Jaringan Komputer
Jaringan Komputer

Apakah anda belum tahu jaringan komputer ? kebangetan deh kalau kamu belum tahu, karena jaringan komputer saat ini sudah banyak dimanfaatkan keberadaanya, salah satu manfaat yang bisa dirasakan ialah lahirnya internet. Dimana internet bisa menjelajahi ilmu di seluruh dunia dalam satu ketikan saja, anda masuk ke blog kami pun pasti menggunakan koneksi internet kan ?

Selain itu, ternyata banyak lho manfaat jaringan komputer yang bisa kita nikmati sekarang, yang tadinya hanya kirim surat yang datangnya berminggu-minggu hanya sekedar berbagi rindu, sekarang hanya hitungan detik kita bisa memberikan kabar, selain itu, dulu kebiasaan untuk cari berita itu nunggu di tv atau nunggu koran datang, tapi sekarang, tinggal panggil mbah guglee, muncul deh berita hot news nya..

Nah itulah beberapa manfaat jaringan komputer yang bisa kita rasakan saat ini, khusus untuk anak Tkj atau IT mengenal jenis jeringan komputer adalah suatu kewajiban, karena kalian akan bergelut di bidang jaringan yang membutuhkan ilmu-ilmu fundamental agar mempermudah pekerjaanmu nanti.

Untuk lebih jelasnya lagi, anda bisa simak artikel ini sampai tuntas...

Jenis-Jenis Jaringan Komputer 


Jenis-jenis jaringan komputer ini dibagi menjadi beberapa kategori, yakni jenis jarkom berdasarkan fungsinya, topologi yang digunakan, jangkauan area, media transmisi, serta distribusi data, jadi sangat lengkap sekali penjelasannya, agar kamu semakin faham dan menjadi IT Expert....

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Area Jangkauannya :



Dalam membangun jaringan komputer, kita harus mengetahui dulu kebutuhan area cakupannya, apakah jaringan tersebut digunakan untuk jangkauan yang relatif luas, atau hanya mencakup area terdekat saja. Berikut adalah jenis jarkom berdasarkan area jangkauannya :

  1. Personal Area Network (PAN)

    Personal Area Network merupakan jaringan komputer yang paling sederhana, yang mana jaringan komputer ini hanya menghubungkan perangkat komputer pribadi, seperti komputer dengan perangkat-perangkat lain seperti komputer, handphone, speaker, headset, dan perangkat lain, baik melalui kabel, atau melalui media transmisi sinyal seperti, inframerah, bluetooth, bahkan wireles.
  2. Local Area Network (LAN)

    Merupakan jenis jaringan yang cakupannya hanya sebatas area lokal saja, sehingga jangkauannya sangat terbatas.

    Biasanya jaringan komputer berbasis LAN hanya digunakan untuk koneksi di suatu ruangan, gedung, rumah dan warung internet (warnet). Dalam penggunaanya, biasanya jaringan LAN menggunakan teknologi ethernet, menggunakan kabel UTP & konektor Rj-45 untuk menyambungkannya, selain itu juga bisa menggunakan teknologi nirkabel seperti Wifi.

    Agar bisa tersambung, semua komputer dalam jaringan tersebut harus dikonfigurasi alamat Ip / Ip address sesuai dengan aturan yang berlaku, jika sudah dikonfig, maka komputer bisa melakukan sharing file, atau bisa berkomunikasi antar komputer. 

    Jika ingin tersambung ke internet, biasanya jaringan local area network sering menggunakan jasa internet service provider (ISP) atau perangkat seluler untuk mendapatkan akses internet.

    Dengan menggunakan jaringan Local area network, selain mendapatkan fasilitas internet, juga bisa digunakan untuk sharing file, sharing hak akses penyimpanan, dan sharing perangkat peripheral seperti printer, scanner, atau scan barcode.

  3. Metropolitan Area Network  (MAN)

    Merupakan jenis jarkom yang area cakupannya lebih luas daripada LAN, area jangkauannya mampu menyambungkan komputer dari berbagai wilayah. Mekanismenya jaringan MAN ini menggabungkan beberapa jaringan local menjadi saling terhubung satu sama lain.

    Metropolitan Area Network mampu menghubungkan jaringan local dari berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, menjadi saling terhubung dan bisa berkomunikasi.

    Jangkauan jaringa MAN ini antara 10 sampai 50 Km, sehingga bisa dikatakan jaringan antar wilayah di suatu kota. Biasanya untuk menghubungkan jaringan tersebut menggunakan antena jarak jauh seperti antena grid, antena omni, atau router ( Jika belum tahu perangkat tersebut anda bisa baca artikel berikut : Perangkat Jaringan Komputer Yang Sering digunakan ) . Sehingga jenis tranmisi pada jarkom ini berupa jaringan nirkabel / tanpa kabel.

  4. Wide Area Network ( WAN)

    Wide Area Network merupakan jenis jaringan komputer yang memiliki cakupan yang sangat luas. Jenis jaringan ini mampu menyambungkan berbagai komputer antar kota, provinsi, negara bahkan benua.

    Jenis jaringan ini biasanya digunakan untuk perusahaan-perusahaan besar yang memiliki cabang di suatu wilayah, instansi pemerintahan, bahkan penyedia internet service provider untuk menghubungkan koneksi ke pelanggan yang ada di suatu wilayah.

    Media transmisi jaringan komputer ini biasanya menggunakan kabel bawah laut, atau menggunakan media satelit yang memiliki cakupan yang luas.

    Kecepatan koneksi pada jaringan WAN ini sangat tinggi, karena didukung dengan server besar yang memadai, sehingga bisa digunakan oleh seluruh wilayah antar kota bahkan antar negara.

    Contoh penggunaan jaringan WAN ini diantaranya sering digunakan perusahaan perbankan untuk bisa saling terhubung antara cabang di suatu wilayah yang ada di pelosok ke kantor pusat,

    .... selain itu, pemerintah indonesia juga memanfaatkan jaringan berbasis WAN untuk menyimpan data rekaman e-ktp di seluruh wilayah indonesia tanpa harus meminta secara manual ke pemerintahan kota, karena ketika kita rekam e-ktp maka data di kecamatan akan langsung dikirimkan ke pusat saat itu juga, yakni melalui jaringan komputer berbasis luas yang dibangun oleh pemerintah pusat.

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi Yang Digunakan :


Topologi Jaringan Komputer adalah sekema sistematis untuk membangun sebuah jaringan komputer  agar perangkat bisa saling terhubung dengan baik dan efisien. Didalam topologi jaringan terdapat unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan jaringan yang akan dibangun.

Untuk jenis topologinya, sudah kami bahas di artikel ini : Mengenal 7 Topologi Jaringan Komputer  ,silakan anda bisa baca sampai tuntas . 

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsinya :


Dilihat dari peran dan hubungan antar komputer, jenis jaringan komputer sangat beragam. Sebelum anda membangun jaringan, pastikan harus sesuai dengan fungsi yang tepat sesuai dengan kebutuhan,. Berikut adalah jenis jarkom menurut fungsinnya :

  1.  Media Basisdata

    Fungsi jaringan komputer yang pertama ialah media basisdata, dimana jarkom yang dibangun dimaksudkan untuk mempermudah penyimpanan, pengolahan, dan pemanfaatan sumber data agar lebih terstruktur dan terjamin keamanannya.

    Untuk jenis jaringan komputer ini biasanya digunakan untuk membangun sistem informasi dan program aplikasi, yang notabene membutuhkan basisdata agar aplikasi tersebut bisa digunakan oleh semua komputer yang tersambung ke jaringan tersebut.

  2. Sarana Komunikasi

    Selain untuk media penyimpanan basis data, jaringan komputer dapat dimanfaatkan untuk saranan komunikasi. Sehingga, semua komputer yang tersambung di jaringan bisa saling berkomunikasi dan bertukar data.


    Salah satu contoh penggunaan jaringan komputer sebagai sarana komunikasi adalah aplikasi chatting, baik itu untuk jaringan local sampai jaringan luas seperti Fb, Whatapps, line dsb yang notabene menggunakan jaringan komputer berbasis WAN.

  3. Berbagi Sumber Daya

    Jaringan komputer mampu berbagi sumber daya,  maksudnya bahwa satu sumber daya (resource) dapat dipakai secara bersama-sama.

    Sumber daya ini bisa berupa perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware), ataupun service. Sebagai contoh di dalam sebuah jaringan, ada sebuah printer, dan sepuluh  perangkat komputer, dalam konsep berbagi sumber daya, maka satu printer bisa digunakan untuk sepuluh perangkat, dengan catatan semua perangkat tersebut tersambung ke satu jaringan yang sama.

    Bukan hanya hardware saja, perangkat lunak seperti sistem informasi, atau program aplikasi bisa diinstal di satu komputer saja ( server ) dan bisa digunakan oleh seluruh komputer yang ada di jaringan tersebut.

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Arsitektur


  1. Jaringan Komputer Peer to Peer

    Jaringan peer to peer merupakan konsep arsitektur jaringan yang paling sederhana, dimana dua komputer bisa saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi kabel atau nirkabel.

    Karena hanya bisa menyambungkan dua komputer saja, maka jenis jaringan ini cocok digunakan untuk personal atau kebutuhan pribadi. Jenis jaringan yang satu ini biasanya menggunakan kabel utp berjenis kabel crossover, atau jaringan wifi /ad hoc di windows 7, sehingga komputer bisa saling terhubung dan bisa melakukan beberapa aksi, seperti, sharing data/transfer file, trasnfer music, video, berbagi hak akses penyimpanan, serta dapat digunakan untuk kebutuhan bermain game multiplayer.

  2. Jaringan Client Server

    Jaringan client server merupakan suatu bentuk arsitektur jaringan, yang mana Server adalah perangkat komputer yang bisa memberikan layanan kepada seluru perangkat yang tersambung ke jaringan. Layanannya bisa berupa penyedia aplikasi, data, dan keamanannya, sedangkan client adalah perangkat komputer yang menerima layanan dari server dan akan menjalankan aplikasi, sistem informasi, atau security networking.


Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Distribusi Data



  1. Jaringan Komputer Terpusat

    Merupakan tipe jaringan komputer yang mengandalkan satu server sebagai sumber data utama. Dimana Client yang tersambung di jaringan tersebut mendapatkan sumber data / layanan dari satu server saja.

    Biasanya tipe jaringan ini digunakan untuk yang cakupannya tidak terlalu luas, seperti jaringan perkantoran, rumah, warnet, sekolahan, atau cabang instansi pemerintahan.

    Jaringan tipe ini sangat mudah untuk dikonfigurasi, dan menghemat waktu dalam men settingnya. Hanya saja jika server mengalami gangguan, maka seluruh jaringan yang dilayani oleh server tersebut akan down. Selain itu, jika perangkat client bertambah, maka akan mempengaruhi kecepatan koneksi dalam jaringan tersebut, karena bandwith yang dihasilkan oleh satu server sangat terbatas.
  2. Jaringan Komputer Terdistribusi

    Merupakan tipe jaringan yang mengandalkan lebih dari satu server tapi saling berhubungan. Jaringan terdistribusi ini menghubungkan beberapa jaringan terpusat untuk saling terkoneksi antara jaringan satu, dengan yang lainnya. Sehingga sumber data tidak mengandalkan satu server saja, dengan begitu kecepatan koneksi antar perangkat akan lebih cepat dan terdistribusi.

    Dengan jaringan terdistribusi ini, client yang ada dijaringan tersebut akan mendapatkan layanan lebih dari satu server, sehingga jika salah satu server sedang padat lalu lintasnya, maka akan mencari server yang memiliki  koneksi lebih cepat dan tidak terlalu padat lalu lintas datanya.

    Tipe jaringan ini biasanya digunakan untuk membangun sistem informasi publik , atau program aplikasi / web . yang memiliki banyak pengguna / client . Sehingga membutuhkan kapasitas penyimpanan dan layanan yang luas agar pengguna bisa lebih leluasa dalam menggunakannya.


Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Media Transmisi 


Media transmisi merupakan sebuah objek yang digunakan untuk menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi (data) agar bisa saling berkomunikasi. Dalam teknologi jaringan komputer saat ini setidaknya ada dua media transmisi yang sering digunakan :

  1. Media Transmisi Kabel

    Merupakan metode pengiriman informasi / data menggunakan media fisik berupa kabel yang dikhususkan untuk jaringan komputer (wired network). Kabel jaringan mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan. kabel ini berfungsi sebagai jalur data/informasi agar bisa sampai ke tujuan, yakni penerima data / informasi.

    Jaringan komputer yang menggunakan media kabel sebagai transmisinya relatif lebih cepat karena tidak ada medium penghalang sinyal, dan tidak mudah terpengaruhi oleh kondisi cuaca, kecuali jika kondisi fisik kabelnya rusak, maka akan mempengaruhi kinerja tranmisinya.

    Media transmisi kabel sering digunakan untuk teknologi jaringan komputer berbasis local atau luas.

    Beberapa kabel jaringan yang sering digunakan untuk media transmisi data adalah, kabel tembaga, Fiber optik (serat optik), utp, dan coaxial ( Jika belum tahu, anda bisa baca artikel ini : jenis jenis kabel jaringan komputer ).

  2. Media Transmisi Tanpa Kabel ( Nirkabel )

    Merupakan media transmisi jaringan komputer yang menggunakan medium berupa gelombang sinyal elektromagnetik. Data akan di kirim oleh penerima melalui antena transmisi yang akan dikirimkan melalui sinyal dan akan diterima oleh antena receiver.

    Dalam pengiriman sinyal electro, ada dua metode transmisi yang digunakan yaitu, point-to-point (unidirectional) dimana pancaran sinyal terfokus pada satu arah/sasaran dan yang kedua dengan metode Broadcast (omnidirectioanl) dimana sinyal terpancar dari satu antena transmiter mampu dikirimkan ke segala arah yang dapat diterima oleh banyak antena receiver .

    Dalam penggunaannya, teknologi nirkabel ini sering digunakan di jaringan local atau wide/luas. Salah satu transmisi nirkabel yang sering dipakai di jaringan LAN , adalah wireles fidelity atau kita kenal WIFI. Dimana wifi tersebut bisa menghubungkan antara server dengan client tanpa menggunakan kabel.

    Selain untuk jaringan local, transmisi nirkabel juga digunakan untuk jaringan berbasis Wan. Salah satunya ialah penggunaan satelit sebagai media transmisi yang bisa menjangkau seluruh negara bahkan benua.


Itulah sedikit penjelasan mengenai Jenis-jenis Jaringan Komputer  yang dibahas secara rinci mulai dari jenis jarkom berdasarkan area jangkauan sampai media transmisi yang digunakan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi pembelajaran anda.

Jika bermanfaat anda bisa share ke sosial media, biar teman-teman kalian tahu....

Terima kasih...
Share This :
Wandi

Seorang Warga Indonesia Biasa Yang Tertarik Di dunia Terknologi, Organisasi, dan Komputer