BLANTERWISDOM101

12 Perangkat Jaringan Komputer Yang Wajib Diketahui Anak TKJ

Senin, 31 Desember 2018
Perangkat Jaringan Komputer

Di era digital saat ini, penggunaan internet sangat masif digunakan. Mulai dari gadget sampai laptop membutuhkan koneksi untuk bisa berselancar di dunia maya. Namun, tahukan anda, bahwa pembangunan jaringan internet membutuhkan alat & perangkat jaringan komputer, sehingga bisa menghasilkan sebuah sinyal koneksi dan bisa digunakan untuk terhubung ke internet.

Perangkat pendukung jaringan komputer ini sangat banyak sekali jenisnya, dan memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Namun tidak semua perangkat tersebut digunakan pada saat bersamaan, itu tergantung skala dan jenis topologi jaringan komputer yang anda bangun , karena tiap membangun jaringan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Sebetulnya cukup banyak perangkat jaringan komputer yang ada saat ini, hanya saja disini kami akan membahas perangkat jaringan yang sering digunakan saat ini saja, karena sudah banyak teknologi jaringan yang tidak digunakan lagi, agar anda tidak kebingunan ketika hendak praktek dilapangan, terlebih bagi anda yang masih awam atau baru mengenal dunia jarkom saat ini.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa baca artikel ini sampai tuntas, jika ingin mengenal perangkat jaringan komputer lebih mendalam.

12 Perangkat Jaringan Komputer Yang Sering Digunakan


Berikut merupakan perangkat pendukung jaringan komputer yang sering digunakan baik untuk jaringan berskala kecil maupun besar.
  1. Modem Jaringan
    Modem Jaringan

    Untuk Perangkat jaringan komputer yang pertama ialah modem, perangkat ini berfungsi untuk menerima sinyal analog dari ISP (Internet Service Provider) untuk dirubah dan di konversi menjadi sinyal digital yang akan di disalurkan ke semua client yang tersambung ke jaringan. Sehingga, seluruh komputer bisa terhubung ke internet.

  2. Router
    Router

    Router merupakan perangkat jaringan komputer yang sering digunakan untuk mengirimkan paket data antar jaringan dalam jangkauan yang luas.

    Router ini mampu menghubungkan dua jaringan atau lebih menjadi saling terhubung, sehingga clietn bisa saling bertukar data. Router ini bekerja pada lapisan ke 3 di layer Osi ( Apa Itu Osi Layer ) .

    Selain itu router juga digunakan untuk management bandwith internet, agar semua clinet yang ada dijaringan bisa mendapatkan kecepatan internet yang sama.

    Baca Juga : Fungsi dan Cara Kerja Router Untuk Jaringan Komputer

  3. Lan Card / NiC

    Lan Card

    Ketika komputer ingin terhubung ke jaringan, baik untuk melakukan sharing data ataupun ingin mendapatkan akses internet, maka harus terhubung dulu ke jaringan tersebut.

    LAN Card merupakan perangkat jaringan yang berfungsi untuk meghubungkan komputer ke jaringan melalui kabel, perangkat ini merupakan slot untuk menancapkan konektor kabel jaringan dari PC ke switch atau modem. Sehingga komputer bisa terhubung ke jaringan dan bisa terkoneksi ke internet.

    LAN Card memiliki tugas untuk mengubah arus data dari paralel menjadi serial, sehingga akan di transmisikan melalui media jaringan seperti kabel UTP yang konektornya tipe Rj-45.

  4. Kabel Jaringan 

    Kabel Jaringan

    Agar jaringan bisa terhubung satu sama lain maka harus ada media perantaranya. Kabel jaringan ini merupakan salah satu media tranmisi yang bisa digunakan untuk menghubungkan antar perangkat jaringan.

    Didalam jaringan komputer dikenal berbagai macam kabel jaringan diantaranya :

    - Kabel Utp untuk jaringan Lan
    - Kabel Coaxial (Sudah Jarang Digunakan)
    - Kabel Fiber Optik
    - Kabel Kawat

  5.  Wireles LAN Card
    Wireles Card

    Selain melalui kabel, media transmisi jaringan bisa juga menggunakan nirkabel/tanpa kabel, salah satunya menggunakan teknologi wireles.

    Wireles card ini merupakan interface jaringan yang memungkinkan seluruh perangkat yang ada di wilayah jaringan tersebut bisa terhubung tanpa memerlukan kabel, tentu harus didukung sumber data yang sudah menggunakan wireles juga.

    Untuk jenisnya, wlan card ini ada yang berbentuk usb card, dan PCI yang ditancapkan di motherboard komputer/laptop.

  6. Switch / Hub
    Switch/Hub
    Switch dan hub memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menghubungkan seluruh komputer yang ada di jaringan local area network (LAN), untuk jumlah komputer yang bisa dihubungkan di jaringan tersebut tergantung slot yang ada dalam perangkat tersebut, jika slotnya ada 8 maka komputer yang bisa terhubung satu sama lain hanya 8 komputer saja.

    Walaupun fungsinya sama, switch dan hub merupakan perangkat yang berbeda, dalam mekanisme kerjanya switch lebih cerdas dalam menerima, meneruskan dan memproses paket ke perangkat tujuan. Selain itu, kapasitas kemampuan slot pada switch dalam menghubungkan komputer lebih banyak.

  7. Repeater

    Repeter / penguat sinyal jaringan merupakan perangkat yang berfungsi untuk menerima sinyal dan menyalurkannya kembali dalam jangkauan yang cukup luas.

    Biasanya perangkat ini digunakan untuk menangkap sinyal wifi yang cakupanya cukup jauh, atau memperluas cakupan wifi agar bisa  diterima oleh client/komputer sedekat mungkin, karena kalau sumber wifi jauh akan mempengaruhi kecepatan koneksi tersebut.

  8. Konektor

    Konektor Kabel Jaringan

    Konektor merupakan perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan kabel dengan kartu jaringan/NiC. Tanpa adanya perangkat ini maka kabel tidak akan bisa meneruskan signal ke perangkatyang dituju.

    Dalam jaringan komputer terdapat beberapa konektor yang sering dipakai untuk kepentingan pembangunan jarkom, jika untuk level local, biasanya konektor Rj 45 berfungsi sebagai konektornya Kabel UTP (Unshielded twisted-pair). Selain itu, banyak konektor lainnya yang sering digunakan dalam membangun jaringan komputer diantaranya : Konektor BnC untuk kabel xoaxial, konektor fc untuk fiber optik, dsb.

  9.  Server

    Komputer Server

    Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan (network operating system).

    Perangkat ini memiliki fungsi untuk menampung semua data yang berasal dari komputer client dalam sebuah jaringan. Tidak hanya itu, komputer server juga digunakan untuk mengelola sebuah jaringan komputer. Sirkulasi data, informasi, maupun perintah yang berasal dari komputer client.

    Komputer server ini harus memiliki ketahanan fisik yang kuat, karena komputer server akan berjalan non-stop terutama jika digunakan untuk web server.

  10. Komputer Client

    Merupakan komputer yang akan mendapatkan layanan dari server, selain itu komputer client merupakan komponen utama dalam sebuah jaringan, dimana komputer bisa terhubung antara yang satu dengan yang lainya, tanpa adanya client maka sistem jaringan komputer tidak akan berjalan.

  11. Antena Grid


    Antena Grid

    Antena grid merupakan perangkat jaringan komputer berbasis wan/pan yang berfungsi untuk menerima dan mengirim signal  dengan sistem gelombang radio 2.4 Ghz dimana data tersebut bisa dalam bentuk internet maupun Intranet dan memiliki cakupan yang cukup luas.

    Perangkat ini biasanya digunakan untuk menangkap sinyal jaringan dari jarak yang cukup jauh, atau sebagai penghubung antara jaringan satu dengan jaringan lainya dalam satu kota / wilayah.

    Dalam penggunaanya, antena grid ini harus menggunakan radio untuk mengkonversi sinyal agar bisa di salurkan kembali ke client. Dalam mekanismenya, sinyal yang dapat di tangkap bersifat searah / horizontal.

  12. Antena Omni Directional
    Antena Omni

    Sama seperti antena grid, omni merupakan sebuah antena penangkap sinyal, bersifat menerima dan mengirim sinyal. Hanya saja dalam mekanismenya, antena ini mampu menerima sinyal dari segala arah, baik horizontal maupun vertikal.

    Dalam penggunaanya, perangkat ini tidak memerlukan radio, anda hanya perlu modem /acces point yang support antena ini.

Mungkin itulah beberapa perangkat jaringan komputer yang saat ini sering digunakan. Sebelum ke perangkat yang lebih khusus, anda harus memahami terlebih dahulu perangkat tersebut, jika sudah paham, maka anda akan lebih mudah mengenali fungsi & sistem kerjanya.

Jika dirasa bermanfaat, anda bisa klik share artikel ini, agar teman-teman kamu tahu juga tentang perangkat jaringan komputer.....
Share This :
Wandi

Seorang Warga Indonesia Biasa Yang Tertarik Di dunia Terknologi, Organisasi, dan Komputer