BLANTERWISDOM101

Apa Itu Router ? (Pengertian & Fungsi Router Untuk Jarkom)

Senin, 24 Desember 2018
Bagi anda yang menggeluti bidang jaringan komputer, mungkin perangkat ini sudah tidak asing lagi, tapi untuk orang awam yang baru mengenal jaringan komputer pasti masih bingung. Terlebih bentuk router yang hampir mirip dengan perangkat jaringan lain, seperti switch, hub atau modem.

Walaupun memiliki bentuk yang hampir sama, tapi router memiliki fungsi dan perbedaan fisik yang lebih spesifik, terutama pada bagian port nya. Ada port-port khusus yang hanya ditemui pada perangkat tersebut saja.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa simak artikel ini sampai tuntas.

pengertian router
RouterBoard Wireles adalah jenis router yang sering digunakan untuk perangkat jaringan saat ini

Apa Itu Router ?


Router merupakan perangkat jaringan komputer yang sering digunakan untuk mengirimkan paket data antar jaringan dalam jangkauan yang luas. Proses pada router sering di sebut routing.

Router sebetulnya nama sistem, dan untuk perangkatnya disebut dengan routerboard.

Fungsi utama dari router ini ialah menghubungkan dua jaringan agar perangkat yang ada pada jaringan tersebut bisa saling bertukar data. analaogi nya, router ini merupakan jembatan pertukaran data antar sub jaringan, sehingga bisa terhubung satu sama lain.

Biasanya perangkat jarkom ini sering digunakan untuk jaringan yang berbasis WAN ( Wide area network ) atau MAN (Metropolitan Area Network), yang menghubungkan beberapa jaringan LAN ( Local Area Network) Menjadi satu bagian. ( untuk mengetahui apa itu WAN, MAN, & WAN bisa lihat artikel ini : Jenis jenis Jaringan Komputer  ).

Perangkat ini juga sering digunakan dalam jaringan yang berbasis teknologi Protokol TCP/IP, yang sering disebut IP Router dan dapat ditemui di jaringan internet.

Fungsi & Cara Kerja Sistem Router


Router tidak hanya berfungsi untuk menghubungkan antar jaringan saja, ada beberapa fungsi lain yang menjadikan kehadiran perangkat ini sangat penting pada jaringan komputer.


  1. Mendistribusikan Ip Address

    Fungsi pertama dari router ialah membagi atau mendistribusikan IP address, baik itu secara statis ataupun DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol) kepada semua komputer yang terhubung ke router tersebut.
  2. Menghubungkan Jaringan Komputer Ke Internet

    Jika anda memiliki 2 jaringan LAN yang berbeda dan keduanya ingin anda koneksikan ke internet, maka anda bisa gunakan fungsi router ini.

    Router akan mendistribusikan paket layanan internet dari provider berupa modem/access point, yang akan diteruskan ke jaringan yang tersambung pada router tersebut.

    Contohnya jika anda memiliki dua jaringan yang berbeda namun sudah terhubung oleh router, anda tidak perlu 2 modem internet, cukup satu modem, setelah router tersebut sudah terkoneksi ke internet, maka sistem router bisa membagikan layanan internet ke seluruh perangkat yang tersambung pada perangkat routerboard tersebut.

    1. Menghubungkat dua jaringan ke internet dengan satu router


    Sehingga , komputer yang berada dalam jaringan berbeda bisa saling berkomunikasi dan bertukar data.

  3. Membagi Bandwith Intenet

    Bandwith adalah besaran nilai transfer data / kecepatan data dalam satuan bit/detik (Kbps/Mbps/Gbps )  yang disalurkan oleh penyedia internet ke client.

    Biasanya dalam jaringan komputer sering terjadi ketidakmerataan kecepatan internet antara komputer satu dengan komputer lainya, jika komputer A cepat tapi komputer B lelet, itulah masalah yang terjadi jika bandwith tidak di manage. 

    Router ini memiliki fungsi untuk memenejemen transfer data pada lingkup jaringan, sehingga semua client bisa mendapatkan jatah bandwidth masing-masing dengan kecepatan yang sama.
  4. Menghubungkan Router yang Berbeda Jaringan

    Jika jaringan komputer sudah luas, maka network terdiri dari beberapa router. Selain untuk menghubungkan jaringan sekala lokal, router juga bisa menghubungkan jaringan sekala besar menjadi sebuah jaringan yang saling terhubung.

    Router menghubungkan dua jaringan besar, sehingga bisa saling berkomunikasi

    Untuk mekanisme dan cara kerjanya, router memiliki sistem operasi khusus yang terinstal dalam routerboard nya. Router akan melakukan proses routing, artinya router secara cerdas dapat mengetahui kemana rute perjalanan paket data apakah pada host yang satu jaringan atau berbeda jaringan.

    Jika paket-paket ditunjukan untuk host pada network lain maka router akan meneruskannya ke network tersebut. Sebaliknya, jika paket-paket ditujukan untuk host yang satu network maka router akan menghalangi paket-paket keluar dari network yang di tuju.

Jenis-Jenis Perangkat Router


  1. Routerboard PC

    Routerboard jenis ini sebetulnya haya sebuah komputer personal dimodifikasi fungsi dan sistem operasinya  digantikan  routerOS. Hanya saja untuk membuat routerboard dari pc, harus ditambahkan beberapa port ethernet / lan.
  2. Routerboard Branded

    Perangkat ini merupakan sebuah routerboard yang dibuat secara khusus untuk kegiatan routing saja dan sering dibuat oleh vendor/perusahaan pembuat router seperti, mikrotik, cisco dan sebagainya.

    Routerboard branded ini memiliki bentuk mirip switch / hub, namun didalamnya terdapat program / sistem operasi khusus berupa routerOS, sehingga perangkat ini bisa di setting untuk kegiatan routing saja.

  3. Router Aplikasi

    Router Aplikasi adalah aplikasi yang dapat diinstal pada Sistem Operasi sehingga bisa membuat Sistem Operasi bersangkutan memiliki kemampuan seperti halnya routerboard. Alat ini jarang sekali digunakan, jikalau digunakan pun hanya sebagai bahan belajar, tidak digunakan secara comersil untuk jaringan komputer.

    Contoh router aplikasi ini diantaranya WinProxy, WinRoute, SpyGate dan juga WinGate, yang sering digunakan di sistem operasi windows.

Perbedaaan Router, Modem & Switch


Terkadang untuk orang awam, sangat sulit untuk membedakan mana modem, router, atau switch. Karena bentukna yang sama-sama kotak, sehingga kalau tidak tahu secara detail fungsi dan spesifikasinya akan bingung.

Modem atau sering disebut access point merupakan perangkat jaringan yang berfungsi untuk mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa yang siap dikirimkan.

Untuk lebih jelasnya, perangkat ini berfungsi untuk mengolah sinyal menjadi sumber internet yang akan disalurkan ke jaringan, dan sering disebut perangkat internetworking.

Sedangkakan switch, merupakan alat penghubung/konektor jaringan yang bersifat lokal, sehingga alat ini bisa digunakan untuk menghubungkan banyak komputer pada lokal area network (lan).

....... sedangkan router, berfungsi untuk menghubungkan antar jaringan dan menyalurkan sinyal internet yang didapatkan dari modem/access point terhadap jaringan yang tersambung pada router tersebut.

Ilustrasi Fungsi Router & Modem
Nah, itulah beberapa infromasi mengenai router beserta fungsi & cara kerja nya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber referensi pembelajaran anda. Jangan lupa like dan bagikan postingan ini ya, agar lebih bermanfaat lagi.
Share This :
Wandi

Seorang Warga Indonesia Biasa Yang Tertarik Di dunia Terknologi, Organisasi, dan Komputer