BLANTERWISDOM101

5 Tips Mengatasi Kabel USB Android Tidak Terdeteksi di Komputer / Laptop

Jumat, 08 Februari 2019
Kabel USB Android Tidak Terdeteksi di PC -  Jika anda sering mengalami kabel data usb android kamu tidak terbaca di komputer atau laptopmu, mungkin cara ini akan sedikit berguna bagi anda.

Bukan cuma untuk telepon dan main game saja, ternyata smartphone yang berbasis android sering dijadikan tempat penyimpanan yang lebih flexibel dan mudah dibawa kemana-mana. Kita tidak harus lagi membawa flashdisk, atau hdd external untuk sekedar menyimpan dokumen, photo, atau video, cukup bawa kabel data, anda tak perlu risau lagi jika file penting dibutuhkan secara tiba-tiba.

Namun, terkadang menyambungkan smartphone android ke komputer sering mengalami masalah, salah satunya tidak terbacanya smartphone anda ke pc/komputer secara tiba-tiba. Jika anda sedang benar-benar membutuhkan file yang ada di smartphone anda, mungkin akan sangat jengkel, dan banting hapenya.....

Jika memang anda sedang mengalami hal tersebut jangan risau, kali ini arteknomedia akan sedikit membagikan tips bagaimana cara mengatasi kabel usb android yang tidak terdeteksi di komputer atau laptop kamu.


Cara Mengatasi Kabel Data Android Tidak Terbaca Di Komputer / Laptop


1. Gunakan Kabel Data USB Yang Masih Bagus


Sebelumnya, harus pastikan dulu bahwa kabel data yang digunakan masih baik dan masih bisa berjalan dengan maksimal, terkadang secara fisik kabel tersebut masih bagus, namun karena kualitas kabel didalamnya sudah usang, mungkin fungsinya hanya bisa mengalirkan listrik saja tanpa bisa mengalirkan sinyak berupa data.

Untuk masalah ini mungkin sering kita lihat, bahwa tidak semua kabel data bisa disambungkan ke PC, jika bisa tersambungpun hanya untuk melakukan charging saja. Adakalanya coba dulu dengan kabel data yang lain, jikalau tetap tidak bisa, mari lanjut ke tips selanjutnya.

2. Port USB Komputer / Laptop Bermasalah


Terkadang faktor fisik yang menyebabkan usb tidak bisa tersambung bukan karena faktor hp / kabel datanya saja. Bisa jadi kabel data yang tidak tersambung karena port usb komputernya bermasalah.

Jika ada tulisan di bawah kanan layar komputer ada tulisan " USB Device Not Recognized" maka ada masalah pada port komputer nya. untuk menangani hal ini anda bisa restart komputernya, jika masih tetap seperti itu, anda bisa lihat artikel ini :

Baca Juga : Mengatasi USB Device Not Recognized Di Windows 7 - 10


3. Atur Smartphone Anda Ke Mode MTP


MTP (Media Transfer Protocol) merupakan mode yang digunakan untuk bisa mengsingkronkan data pada perangkat ponsel agar bisa terbaca dan digunakan di perangkat komputer. Secara default mode ini akan otomatis aktif pada semua smartphone ketika pertama kali kabel data usb dicolokan ke komputer.

.... namun karena beberapa kondisi tertentu, baik human error, atau kesalahan pengaturan, mode ini tidak otomatis berjalan, perlu mengaktifkannya secara manual.

Cara mengaktifkan mode ini pada dasarnya sama setiap hape android, hanya saja berbeda peletakan menunya saja.

Untuk caranya :

- Sambungkan android ke PC
- Setelah itu, menuju menu setting/pengaturan > Penyimpanan / Storage & USB > File Transfer

Atau anda bisa ikuti seperti gambar berikut :

Setting MTP

4. Instal USB Driver Tambahan Khusus Android


Terkadang tidak semua perangkat ponsel kompatibel dengan komputer, bisa jadi kabel usb hp anda tidak tersambung karena membutuhkan driver tambahan.

Driver merupakan software yang berfungsi untuk menghubungkan 2 perangkat yang berbeda, walau secara default semua komputer sudah kompatibel untuk berbagai macam ponsel, tapi ada beberapa merk hp yang membutuhkan driver khusus untuk usb.

Untuk masalah ini, anda bisa download driver usb sesuai merk smartphone yang akan disambungkan, baik itu samsung galaxy, HTC, motorola, nexus, lg, sony, oppo dan ponsel lainnya.

Untuk download drivernya, anda bisa klik link download ini : Driver USB Android

5. Gunakan Aplikasi File Transfer Wifi


Jika memang tips diatas belum solved / berhasil. anda bisa gunakan alternatif lain jika ingin melakukan transfer file dari hp ke komputer. Anda bisa gunakan aplikasi android yang berfungsi untuk mentransfer data, baik berupa dokumen, photo, atau video melalui media transmisi wireles.

Untuk menggunakan cara ini, pastikan bahwa komputer atau laptop anda memiliki perangkat wifinya.

Ada beberapa aplikasi file transfer android to PC yang terkenal diantaranya :

  • SHARE it - File Transfer
  • CM Transfer – Berbagi File
  • Xender : Transfer & Bagi File
  • Dsb

Untuk bisa melakukan file transfer, anda harus instal aplikasi ini di smartphone dan juga PC anda.

Itulah sedikit info mengenai cara mengatasi kabel usb android tidak terdeteksi di komputer / laptop, semoga cara tersebut bisa membantu anda untuk menangani masalah tersebut.

Jika bermanfaat, tolong klik tombol share yaa.
Share This :
Wandi

Seorang Warga Indonesia Biasa Yang Tertarik Di dunia Terknologi, Organisasi, dan Komputer