BLANTERWISDOM101

5 Tips Mengatasi USB Device Not Recognized Di Windows 7 - 10

Rabu, 06 Februari 2019
Cara Mengatasi USB device not recognized -  Bagi anda yang sedang jengkel karena colokan usb tidak kunjung masuk dan tersambung ke pc ataupun laptop, mungkin tips ini sedikit berguna bagi anda.

Universal Serial Bus (USB) ini merupakan port yang cukup familiar untuk digunakan berbagai macam perangkat peripheral komputer, baik itu untuk flashdisk, kabel data ponsel, atau perangkat lainnya yang memiliki konektot berbentuk usb. 

Namun, terkadang port jenis serial ini sering mengalami berbagai macam masalah, salah satu permasalahan yang paling sering ditemui ialah : muncul notifikasi USB device not recognized, sehingga perangkat usb yang dimasukan ke port tidak bisa terbaca ke sistem operasi.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan port usb mengalami kegagalan dalam membaca perangkat, baik itu karena faktor handware yang mengalami kerusakan, faktor software, serangan virus, dan juga karena kelistrikan dari komputer / laptop yang mengalami masalah.

Tapi anda tak perlu khawatir, jika anda mengalami hal tersebut, ada beberapa problem solving yang sering digunakan untuk mengatasi usb not recognized di sistem operasi windows, baik itu windows 7,8 dan 10. Berikut tips nya :



5 Cara Mengatasi Usb device not Recognized di Windows OS


  1. Pindahakan USB ke Port Yang lain 

    Saat pertama kali anda melihat notifikasi dengan tulisan "usb device not recognized", sebaiknya cabut kembali perangkat yang akan disambungkan, lalu tunggu beberapa saat. Setelah itu pindahkan perangkat yang di sambungkan ke port usb yang lain.

    Hal ini biasanya disebabkan karena colokan pc yang didepan, tidak teraliri listrik dengan baik, maka pindahkanlah ke colokan pc yang ada di back panel / bagian belakang.

    Jika anda menggunakan laptop, pindahkan ke bagian port laptop yang bersebrangan, artinya jika teman memasukan usb di port sebelah kiri tidak masuk, namun ada port usb sebelah kanan, maka coba masukan perangkat usbnya di port bagian kanan.

  2. Restart / Matikan Komputer sejenak

    Ketika perangkat usb tidak bisa terbaca walau sudah dipindahkan ke port yang lain, boleh jadi ada program komputer yang mengalami kegagalan proses, dan tidak bisa diatasi oleh sistem operasi.

    Namun anda tak perlu khawatir, untuk mengatasi hal ini anda bisa mencobanya dengan merestrat / shutdown komputer anda, lalu hidupkan kembali.

    Baca Juga : Cara Mengatasi Kabel Data USB Android Tidak Terbaca di PC

  3. Bersihkan Port USB Dari Debu & Kotoran

    Terkadang komputer atau laptop yang jarang dibersihkan sering menimbulkan tumpukan kotoran debu pada perangkat komputer, jika terus dibiarkan hal ini bisa menyebabkan penurunan kinerja dan juga sering menimbulkan gangguan, salah satunya usb device not recognized.

    Bisa jadi permasalahan tersebut disebabkan port usb terlalu kotor terkena debu, sehingga bisa menganggu flesibelitas port tersebut untuk bisa membaca perangkat yang masuk. Sebaiknya anda bersihkan port-port usb tersebut dengan kuas, agar bersih dan tidak ada kotoran, sehingga bisa menghalangi perangkat yang ingin disembungkan ke komputer anda.

  4. Update Driver

    Jika masalah usb device not recognized masih belum solved, anda bisa mengupdate driver usb. Driver komputer merupakan software yang berfungsi untuk mengendalikan perangkat hardware komputer, salah satunya port usb.

    Untuk mengupdate driver, anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini :

    - Tekan kombinasi tombol  windows (logo) + r untuk masuk dan diarahkan ke menu Run

    Menu Run

    - Jika sudah, ketikan perintah devmgmt.msc dan tekan OK untuk masuk ke menu device manager.

    - Jika sudah masuk ke device manager, arahkan ke menu universal serial bus controller, biasanya berada pada bagian bawah

    -  Setelah itu cari port usb yang ada tulisan " unknow Device "

    Menu Device Manager



    - Setelah menemukan tulisan unknow device. klik kanan  > update driver software > search automatically for updates / klik kanan > propertis > arahkan ke menu driver, lalu klik button update driver seperti gambar berikut :

    Menu Propertis pada device manager



    5. Gunakan Antivirus / Scan Komputer anda agar bersih dari virus
    Terkadang komputer yang terkena virus sering mengalami permasalahan, salah satu permasalahan yang bisa muncul adalah driver usb yang ter block aksesnya oleh virus, sehingga driver tidak bisa berjalan dengan baik.

    Untuk masalah ini anda bisa gunakan antivirus, dan scan perangkat anda, agar virus-virus yang tersembunyi bisa terdeteksi. Setelah itu anda bisa restart komputer dan coba colokan perangkat usb anda kembali.

Itulah beberapa tips mengatasi usb device not reconginzed di windows, semoga artikel tersebut bisa bermanfaat untuk anda semuanya. jikalau bermanfaat anda bisa bagikan tips ini di sosial media anda, dengan menekan tombol share... terima kasih.


Share This :
Wandi

Seorang Warga Indonesia Biasa Yang Tertarik Di dunia Terknologi, Organisasi, dan Komputer