BLANTERWISDOM101

12 Jenis - Jenis Komputer Berdasarkan Fungsi & Cara Kerjanya

Senin, 04 Februari 2019
Jenis - jenis Komputer -  Tak bisa dipungkiri bahwa keberadaan komputer saat ini menjadi sangat penting, dimana berbagai sektor bisnis, baik itu perusahaan, pendidikan, dan kesehatan, sudah menggunakan komputer untuk membantu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan efisien.

Jika dilihat dari pengertian, komputer adalah alat elektronik yang dipakai untuk membantu manusia dalam mengolah data sesuai  prosedur yang telah dirumuskan.

Sehingga komputer bisa digunakan untuk berbagai macam fungsi, baik untuk kebutuhan pribadi atau komputer yang dirancang untuk kebutuhan khusus..

Lantas apa saja jenis - jenis komputer yang ada saat ini. ?
untuk lebih jelasnya anda bisa simak penjelasan di bawah ini......

jenis jenis komputer
Komputer

Jenis jenis Komputer Berdasarkan fungsinya 


Komputer seyogyanya dirancang untuk mempermudah pekerjaan manusia, akan tetapi begitu beragam dan luasnya kebutuhan manusia di bidang tertentu, akan sulit untuk menciptakan satu komputer yang bisa menyelesaikan semua pekerjaan manusia yang beragam. Sehingga untuk lebih mamaksimalkan kinerja komputer dibuat klasifikasi atau jenis komputer sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya.

Berikut ini adalah beberapa jenis komputer yang diklasifikasikan berdasarkan kebutuhan, fungsi dan cara kerjanya. 

1. Personal Computer (PC)

Personal Computer merupakan sebuah komputer yang dirancang dan didesain untuk kebutuhan pribadi atau satu orang saja. Biasanya komputer jenis ini banyak ditemukan di rumah, perkantoran, atau sekolahan. Komputer jenis ini sering digunakan untuk membantu pekerjaan manusia sehari-hari.


2. PC Gaming

Merupakan sebuah personal computer yang dikhususkan untuk melakukan kegiatan gaming atau menjalankan konsol game di sebuah komputer. Secara fisik antara personal computer biasa dan pc gaming sama, namun dari segi spesifikasi perangkat didalamnya jelas berbeda.

PC Gaming membutuhkan processor yang bagus, kapasitas ram yang besar, serta harus memasang vga ekstenal tambahan, karena kebutuhan grafis dari game cukup tinggi.

3. PC Rendering / Editing


Masih pada jenis personal computer, namun kali ini pc rendering & editing sering digunakan oleh para pembuat film, music, desain grafis atau visual lainya. Juga sering digunakan oleh editor atau composer yang mana sering melakukan proses rendering yang membutuhkan spesifikasi komputer cukup tinggi.

Untuk pc rendering biasanya membutuhakn komputer yang memiliki vga card  bagus juga didukung dengan perangkat komputer terutama media penyimpanan seperti hardisk yang kuat dan tidak mudah rusak.

4. Laptop


Laptop atau sering disebut notebook, merupakan sebuah komputer portable yang bisa dibawa ke mana saja. Perangkat ini memiliki fungsi yang sama seperti PC, yaitu ada laptop office, gaming, rendering . Hanya saja arsitektur fisik dari alat ini diperkecil sedemikian rupa, sehingga antara layar, keyboard, touchpad, dan cpu nya berada dalam satu paket yang dialiri sumber daya listrik dari baterai.

5. Netbook 

Netbook merupakan komputer mini yang mana bentuk fisiknya hampir mirip seperti laptop, hanya saja dalam segi ukuran, netbook lebih kecil dan lebih ringan bobotnya dari ukuran laptop dan spesifikasinya pun lebih rendah daripada notebook/laptop.

Netbook memiliki ukuran 10 - 11 inch. Biasanya netbook ini hanya digunakan untuk keperluan office, sekolahan, ataupun sekedar untuk nonton film yang tidak memerlukan spesifikasi tinggi.

6. Komputer Server

Merupakan sebuah komputer yang sering digunakan untuk perangkat jaringan komputer. Dimana komputer ini difungsikan untuk menjalankan program client-server.

Komputer jenis ini bertugas untuk memberikan layanan kepada client berupa service-service seperti, web server, database server, dhcp server, dan service lainya, agar semua komputer yang tersambung pada jaringan tersebut bisa menjalanakan produk service yang diberikan server.

Secara fisik, komputer server ada berbagai macam, ada yang kecil sebesar ukuran komputer PC, dan ada yang relatif besar. Untuk komputer jenis ini biasanya tidak memerlukan grafis yang bagus, karena kebanyakan sistem operasi server hanya berbentuk Command line interface ( CLI ).

...hanya saja komputer server harus memiliki perangkat keras komputer yang bagus, processor harus tinggi, bahkan perlu lebih dari 1 processor, perangkat penyimpanan data harus besar, sistem pendinginan yang bagus, serta memiliki power supply yang handal. karena biasanya komputer server digunakan 24 jam non stop tanpa henti.

7. Komputer Workstation


Merupakan sebuah desktop PC yang sering digunakan agar bisa tersambung ke jaringan komputer dan bisa berkomunikasi dengan server atau client lain yang tersambung di jaringan tersebut. Biasanya komputer memiliki kartu jaringan (NIC) sebagai jalur untuk bisa tersambung keseluruh komputer yang berada pada jarkom tersebut.

Biasanya komputer ini digunakan di perusahaan atau dunia pendidikan, agar semua elemen yang berada pada lingkup tersebut bisa saling berkomunikasi. Selain itu biasanya komputer workstation bisa melakukan sharing data, sharing printer.

Baca Juga : Jenis - jenis Jaringan Komputer

8. Komputer Mainframe

Mainframe computer merupakan sebuah komputer yang memiliki ukuran cukup besar, karena komputer ini memiliki fungsi untuk melakukan proses data dan aplikasi dalam jumlah besar. Komputer mainfraem terdiri dari komputer kecil yang di relasikan sehingga bisa saling terintegrasi dalam satu sistem untuk melakukan proses data bersama-sama.

Umumnya komputer ini digunakan untuk perusahaan besar untuk memproses data survey, keperluan militer, dan juga sebagai komputer untuk menangani proses transaksi finasial suatu bank atau perusahaan keuangan lainya.

Komputer ini memiliki sebuah perangkat yang handal, dengan sistem keamanan yang cukup tinggi. Biasanya diawasi 24 jam nonstop agar tidak ada gangguan baik berupa bug, atau serangan virus yang bisa menggangu proses pengolahan data.

9. Super Komputer

Super komputer merupakan sebuah komputer yang berukuran besar mirip dengan komputer mainframe. Hanya saja secara fungsi komputer ini berbeda. 

Biasanya super komputer digunakan untuk melakukan tugas yang cukup intensif seperti, melakukan prakiraan cuaca, penelitian iklim, pemodelan molekuler, simulasi mesin kendaraan, simulasi fusi nuklir, penelitian kecendasan buatan (artificial intelegence) dsb.

Untuk super komputer ini bukan hanya didukung dengan hardware yang kuat, tetapi harus didukung dengan processor yang bagus lebih dari satu, karena harus menjalankan program yang cukup berat.

10. Komputer PDA

Komputer PDA (Personal Digital Assistent) merupakan sebuah komputer yang memiliki bentuk fleksible dan kecil. Biasanya komputer ini sering digunakan untuk membantu pekerjaan manusia secara pribadi, baik untuk melakukan perhitungan, penunjuk waktu digital,  melihat document dsb.

Seiring berkembangkan teknologi, maka komputer PDA ini diadopsi menjadi sebuah smartphone, atau ponsel pintar, yang mana perangkat ini bisa menjalankan berbagaimacam program komputer hanya dalam satu perangkat.

11. Wearable computer

Merupakan sebuah komputer pribadi yang lebih fleksible daripada komputer PDA, yang mana jenis komputer ini sangat kecil dan dikhususkan bisa menempel di tubuh kita.

Komputer jenis ini merupakan cikal bakalnya tercipta sebuah smartwatch, dimana jam pintar ini selain bisa menunjukan waktu dan tanggal, juga bisa menjalankan berbagai macam aplikasi komputer, seperti menjalankan browser, melakukan komunikasi/chatting, dan juga bisa menjalankan aplikasi lain seperti halnya komputer pda.

Sealain smartwatch, wearable computer ini juga menjadi cikal bakal terciptanya sebuah kacamata pintar, yang mana diprakarsai oleh google inc, untuk mengembangkan kacamata pintar yang dinamai google glass, yang mana smart eyeglasses ini bisa melihat tampilan layar komputer pada kacamata tersebut.

12. Komputer Palmtop


Merupakan sebuah komputer saku yang sangat kecil, bentuknya hampir sama seperti laptop, namun dalam segi ukuran lebih kecil daripada netbook.

Komputer ini memiliki keyboard khusus berjenis qwerty, serta memiliki sitem operasi yang sama seperti desktop pc / laptop. hanya saja dalam segi fungsi dan cara kerja, sangat minim, biasanya komputer jenis ini digunakan program spreadsheet, kalender dan buku telepon, dsb.

Untuk komputer jenis ini sekarang sudah jarang, karena memang secara fungsi dan fleksibelitas sudah kalah sama smartphone atau smartwatch.


Share This :
Wandi

Seorang Warga Indonesia Biasa Yang Tertarik Di dunia Terknologi, Organisasi, dan Komputer