BLANTERWISDOM101

Tips Termudah Mengetahui Partisi Hardisk GPT Atau MBR di Windows 7 - 10

Kamis, 14 Februari 2019
Mengetahui Partisi Hardisk GPT Atau MBR di Windows 7 - 10 - Partisi merupakan sebuah sistem untuk membagi ruang pada hardisk komputer, pada saat ini ada dua jenis metode partisi yang ada di windows, yakni tipe terbaru gpt dan juga mbr.

.....walaupun fungsinya sama, antara GPT dan MBR memiliki karakteristik dan struktur sistem yang berbeda, sehingga kita perlu memahami kedua jenis partisi tersebut, karena biasanya ketika anda punya hardisk dengan tipe GPT tapi ketika ingin instal, bootable anda dikhususkan untuk Tipe MBR maka akan terjadi kegagalan instalasi.

Untuk itu, sebelum melakukan instalasi sistem operasi, ada baiknya anda untuk mengetahui terlebih dahulu, apakah hardisk pada komputer atau laptop anda itu berjenis GPT atau MBR.. Untuk menjawab itu, mari kita simak artikel ini sampai tuntas.



Apa itu Partisi GPT - MBR & Apa Perbedaanya ? 

Master Boot Record atau MBR adalah partisi sektor boot khusus yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1983. Partisi jenis ini merupakan tipe lama yang mana memiliki banyak keterbatasan, dimana hanya mampu membaca kapasitas hardisk 2 TB saja, diatas itu, tidak akan terbaca sepenuhnya, dimana hardisk dengan sistem MBR hanya bisa membuat 4 partisi saja.

Karena memiliki kekurangan daya tampung hardisk yang minim, maka diperkenalkanlah Partisi baru yaknti GPT.

GUID Partition Table atau GPT Adalah standar partisi baru yang menghadirkan beberapa kelebihan daripada MBR dimana dukungan kapasitas hardisk lebih besar, yakni sebesar 9,4 ZB (Zettabyte) dimana bisa membuat ruang hardisk sebesar 128 Partisi.

Tak heran jika komputer / laptop terbaru sering menggunakan partisi jenis GPT, namun tidak sedikit juga yang masih menggunakan partisi MBR.

Tips Mengetahui Partisi Hardisk GPT atau MBR dengan Mudah


 Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah hdd anda itu tipe GPT atau MBR, baik melalui aplikasi tambahan atau secara manual menggunakan sistem operasi windows. Disini kami akan membahas cara mengetahui partisi menggunakan cara manual yang sangat mudah & cepat.

1. Melalui Disk Management


Pertama, 
Buka windows exploler, atau tekan kombinasi windows + E.

Kedua, Setelah masuk ke windows exploler, klik kanan di this pc / my computer > Manage

Windows Exploler




Setelah masuk ke manage, anda langsung menuju disk management.

Jika sudah masuk ke disk management, anda akan di suguhkan dengan menu partisi yang ada di komputer anda.

Disk Management



Untuk melihat apakah partisi pada komputer pada laptop, gpt atau mbr, klik kanan pada disk 0 : , Jika anda melihat bahwa ada opsi menu " Convert To GPT Disk ", artinya menu tersebut difungsikan untuk merubah tipe hardisk anda yang tadinya mbr menjadi gpt. Maka dipastikan partisi hardisk nya ialah MBR, jika sebaliknya, maka dipastikan itu GPT. dapat dipahami yaa...

2. Melalui Disk Part di Mode CLI ( Command Line Interface )

Nah jika tadi kita melakukannya di model interface grafis, kita akan mencoba melakukannya melalui command prompt, yakni :

Pertama : kita buka menu command prompt tipe administrator, untuk caranya, anda bisa langsung ke menu search windows, lalu ketikan "cmd", setelah menu cmd muncul, lalu klik kanan " Run as Administrator ".


Command Prompt


Kedua : Jika sudah masuk ke menu command prompt tipe administrator ketikan perintah berikut :

diskpart

setelah itu, anda akan berada pada direktori disk part.

Untuk melihat partisi anda apakah tipe mbr atau gpt, bisa ketika perintah berikut :

List Disk



** Bisa anda lihat gambar diatas yang ada kotak warna merah, disana ada sebuah menu dengan tulisan " GPT ".  jika tidak ada huruf bintang ("*") pada bagian bawah menu, maka partisi tersebut berbentuk MBR, jika dibawah menu terdapat huruf  " * " maka partisi tersebut berjenis gpt.


Mungkin itu sedikit tips mengenai cara Mengetahui Partisi Hardisk GPT Atau MBR di khusus di windows 7 sampai 10. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi belajar anda.

Jika dirasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa klik tombol sharenya ya kawan.... terima kasih.
Share This :
Wandi

Seorang Warga Indonesia Biasa Yang Tertarik Di dunia Terknologi, Organisasi, dan Komputer